6 Cara Membersihkan Peralatan Dapur

Mungkin setelah acara pesta kita akan langsung dihadapkan dengan tugas yang baru antara lain membersihkan peralatan dapur kita 
Tapi saya akan memberikan beberapa tips mudah membersihkan kotoran membandel pada perabotan tersebut :
  1. Membersihkan Panci atau wajan berkerak dapat dibersihkan dengan cara menggunakanya untuk merebus air panas yang telah ditambahkan satu sendok teh baking soda. Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit kemudian bersihkan dengan spons kawat. Cara ini bisa diaplikasikan terhadap perabotan berbahan stainless steel dan juga alumunium.
  2. Alat masak anti lengket anda lengket saat digunakan memasak, sebaiknya jangan langsung mencucinya apalagi langsung menyiramnya dengan air dingin agar lapisan anti lengketnya tidak mengelupas. Sebaiknya menunggu suhunya menjadi dingin baru dilakukan pencucian.
  3. Untuk menghilangkan minyak, lemak, dan noda pada oven ataupun  kompor adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda, 2 sendok teh cuka atau jeruk lemon, sabun cair serta air panas. Semprotkan campuran bahan tersebut disekitar kmpor ataupun oven yang akan dibersihkan gosok sampai mengkilap dengan menggunakan kain lap. Sebaiknya menggunakan sarung tangan agar tidak iritasi.
  4. Untuk bahan yang terbuat dari bahan plastik,  Siram dengan air panas dan bersihkan dengan sabun cair. Jangan membersihkan perabot dari plastik menggunakan sabun krim karena bau menyengat dari sabun krim akan susah dihilangkan.
  5. Cobek atau ulekan dari batu sebaiknya dibersihkan menggunakan sabut kelapa kemudian keringkan. Simpan cobek di tempat kering dan bersih agar tidak berjamur.
  6. Membersihkan piring melamin cukup disiram menggunakan air panas, tuangkan sedikit soda gosok gosok dan bilas hingga bersih.
Membersihkan perabotan dapur memang gampang-gampang susah. Salah penerapan justru bisa mengakibatkan perabotan menjadi rusak. Dengan cara dan bahan yang benar, selain bersih perabotan juga akan tahan lama.